Akun WhatsApp Kalian Dikloning Orang Tidak Dikenal? Segera Lakukan Hal Ini Agar Tidak Disalahgunakan

- Rabu, 12 Oktober 2022 | 17:15 WIB
Akun WhatsApp Kalian Dikloning Orang Tidak Dikenal? Segera Lakukan Hal Ini Agar Tidak Disalahgunakan (Foto: Anton/pexels.com)
Akun WhatsApp Kalian Dikloning Orang Tidak Dikenal? Segera Lakukan Hal Ini Agar Tidak Disalahgunakan (Foto: Anton/pexels.com)

BondowosoNetwork.Com - Siapa yang tak menggunakan aplikasi berbagi pesan instan WhatsApp saat ini? aplikasi yang dimiliko oleh Marc Zuckerberg dalan naungan perusahaan META ini cukup digandrungi oleh banyaknya orang di seantero jagat saat ini.

Aplikasi WhatsApp ini memiliki fitur end-to end enkripsi yang bisa membuat pesan tak dapat dengan mudah dibaca oleh orang lain.

Akan tetapi, hal ini tidaklah cukup lantaran akun WhatsApp masih dapat dikloning oleh orang yang tidak bertanggung jawab demi dapat melakukan tindakan kejahatan.

Baca Juga: Heboh WhatsApp, Instagram, dan Facebook Down

Dilansir Bondowoso Network dari News Bytes, untuk dapat mengambilalih akun WhatsApp, para pelaku kejatahan hany perlu memperoleh kode QR Web WhatsApp atau hanya dengan mendaftarkan nomor penggguna pada perangkat lain, setelah itu pelaku hanya cukup mencari data lain seperti kode verifikasi agar dapat membuat akun WhatsApp tersebut.

Oleh sebab itu, pentingnya menjaga kode OTP atau kode verifikasi sangatlah penting mengingat bahaya yang bisa ditimbulkan jika akun WhatsApp diambilalih oleh orang yang tidak dikenal untuk tindak kejahatan.

Namun, jika akun WhatsApp sudah terlanjur dikloning dan dibajak, ada beberapa langkah yang hendaknya segera dilakukan untuk dapat segera memulihkan kembali aku WhatsApp tersebut.

Baca Juga: 6 Tips Mencegah WhatsApp Tidak Mudah Diretas, Nomer 2 Jangan Tinggalkan Ponsel Tanpa Pengawasan

Pertama, Memutus koneksi perangkat yang tidak diketahui dengan akun WhatsApp. Caranya: Setting -> WhatsApp Web/Desktop -> Log out from all devices

Kedua, Aktifkan 2-step verification. Caranya: Setting > Account > 2 step verification -> active > Masukkan PIN > Masukkan Email

Ketiga, Hubungi WhatsApp. Caranya: email ke support@whatsapp dengan subject: "lost/stolen: please deactive my account". Dalam email tersebut sebutkan nomor ponsel yang digunakan.***

Editor: Arin Nanda Sakinah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X