Selain Tokoh NU, Tokoh Muhammadiyah Juga Akan Diberikan Gelar Honoris Causa oleh UIN Sunan Kalijaga

- Sabtu, 4 Februari 2023 | 18:30 WIB
Selain Tokoh NU, Tokoh Muhammadiyah Juga Akan Diberikan Gelar Honoris Causa oleh UIN Sunan Kalijaga (laman uin-suka.ac.id)
Selain Tokoh NU, Tokoh Muhammadiyah Juga Akan Diberikan Gelar Honoris Causa oleh UIN Sunan Kalijaga (laman uin-suka.ac.id)

BondowosoNetwork.com - UIN Sunan kalijaga sebagai kampus keislaman negeri terbaik di Indonesia akan memberikan gelar kehormatan kepada tiga tokoh dunia.

Diantara tiga tokoh tersebut terdapat tokoh yang berasal dari organisasi Islam yang ada di Indonesia yakni dari NU dan dari Muhammadiyah.

Tokoh dari Muhammadiyah ini mempunyai peran yang penting dan aktif dalam berbagai kegiatan kemanusiaan.

Sebagaimana dikutip Bondowoso Network dari kanal youtube UIN Sunan Kalijaga, Al Makin selaku Rektor UIN Sunan Kalijaga menyampaikan bahwa salah satu Tokoh Muhammadiyah ini layak untuk mendapat gelar kehormatan tersebut.

Baca Juga: Rivan Nurmulki Menggila Bawa Kemenangan, Surabaya BIN Samator Aman di Posisi Empat Besar Proliga 2023

Penganugerahan gelar honoris causa ini akan digelar pada hari Senin, 13 Februari 2023 nanti dan bertempat di gedung Prof H.M Amin Abdullah atau Multipurpose UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Tokoh yang akan diberikan gelar kehormatan ini mempunyai peran aktif dalam kagiatan humanity, baik skala nasional maupun internasional.

Tokoh dari muhammadiyah tersebut adalah dr. Sudibyo Markus, M.B.A yang saat ini menjabat sebagai Dewan Pakar Majelis Pelayanan Sosial PP Muhammadiyah.

dr. Sudibyo Markus, M.B.A adalah lulusan Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, ia tercatat banyak melakukan kegiatan kemanusiaan dan kegiatan internasional relasi antar iman.

“Anugerah honoris causa yang kedua akan diberikan kepada dr. Sudibyo Markus, M.B.A , beliau adalah seorang dokter lulusan Universitas Gadjah Mada yang berperan aktif dalam kegiatan humanity kegiatan kemanusiaan kegiatan internasional relasi antar iman.” ungkap Al Makin.

Baca Juga: Sekitar 25 Ribu Orang, Inilah Suku dengan Jumlah Penduduk Paling Kecil di Indonesia, Mana Saja?

Al Makin selaku Rektor UIN Sunan Kalijaga juga menyebut peran dr. Sudibyo markus yang paling terkenal adalh perdamaian antara pemerintah Filipina dengan kelompok Moro Islamic Liberation Front (MILF).

“peran beliau yang paling terkenal adalah perdamaian antara pemerintah Philipina dan kelompok Islam Moro,” kata Al Makin.

Hal tersebut yang mendasari UIN Sunan Kalijaga memberikan gelar kehormatan kepada dr. sudibyo markus, M.B.A.

Selain itu, dr. Sudibyo Markus, M.B.A juga aktif di Muhammadiyah, tercatat beliau pernah menjadi salah satu ketua Muhammadiyah tahun 2005 – tahun 2010.

Halaman:

Editor: Ahmad W

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X