Bagaimanakah Peran Santri Dalam Negeri? Salah Satunya Santri Sebagai Garda Terdepan Pelindung Negeri Ini…

- Senin, 17 Oktober 2022 | 20:15 WIB
Bagaimanakah Peran Santri Dalam Negeri? Salah Satunya Santri Sebagai Garda Terdepan Pelindung Negeri (mufidpwt/Pixabay.com)
Bagaimanakah Peran Santri Dalam Negeri? Salah Satunya Santri Sebagai Garda Terdepan Pelindung Negeri (mufidpwt/Pixabay.com)

BondowosoNetwork.com - Pada 22 Oktober pemerintah menetapkan sebagai hari santri nasional. Dimana 22 Oktober menjadi ingatan sejarah tentang resolusi jihad.

Bukti nyata adanya keterkaitan antara santri dengan tegak dan Indonesia. Hari Santri adalah wujud penghormatan kepada sejarah perjuangan bangsa.

Sejarah telah mencatat bahwa, para santri melakukan hidupnya untuk mempertahankan Indonesia dan mewujudkan cita-cita kemerdekaan Indonesia.

Para santri dengan caranya masing-masing bergabung dengan seluruh elemen bangsa yang lain untuk melawan penjajah.

Baca Juga: Sejarah Hari Santri: Lahirnya Resolusi Jihad Kiai Hasyim Asyari, Ternyata Berkaitan Dengan Peristiwa Berdarah

Dikutip dari Bondowoso Network melalui kanal youtube Amtsilati Pusat menjelaskan peran santri dalam negeri. Dengan adanya hari santri, maka seluruh umat bangsa mengetahui jihad para santri, terutama Rois Akbar KH.Hasyim Asyari.

Para santri dengan menyusun kekuatan di daerah tertentu, mengatur strategi dan mengajarkan kesadaran tentang arti Kemerdekaan.

Munculnya resolusi jihad tidaklah secara instan begitu saja tanpa adanya Ijtihad yang panjang. Ijtihad yang tidak hanya melewati satu atau dua generasi saja. Akan tetapi, menjalur kebelakang hingga titik masuknya Islam ke bumi Nusantara.

Resolusi jihad adalah hasil proses perjuangan para ulama terdahulu. Yang dimana Indonesia tidak hanya berdiri di atas air mata dan darah.

Halaman:

Editor: Arin Nanda Sakinah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X