Mahasiswa UIN KHAS Jember Selamatkan 9 Naskah Kuno Dari 3 Kabupaten, Isinya Tentang Hal Ini...

- Senin, 23 Mei 2022 | 12:48 WIB
Mahasiswa UIN KHAS Jember Selamatkan 9 Naskah Kuno Dari 3 Kabupaten, Isinya Tentang Hal Ini... (Ahmad W)
Mahasiswa UIN KHAS Jember Selamatkan 9 Naskah Kuno Dari 3 Kabupaten, Isinya Tentang Hal Ini... (Ahmad W)

BondowosoNetwork.com- Mahasiswa Program Studi Sejarah Peradaban Islam Fakultas Ushuluddin Adab dan Humaniora UIN KHAS Jember, berhasil menyelamatkan 9 naskah kuno yang berasal dari 3 Kabupaten.

Naskah kuno itu berasal dari Kabupaten Jember, Bondowoso, dan Lumajang.

Ahmad Hanafi Pakar Filologi yang juga Dosen Fakultas Ushuluddin Adab dan Humaniora UIN KHAS Jember menjelaskan, penemuan naskah kuno tersebut dilakukan oleh mahasiswa secara langsung melalui proses penelusuran di lapangan.

"Jadi banyak naskah kuno warisan Ulama kita berserakan di masyarakat dengan kondisi yang cukup memprihatinkan, rata- rata sudah mau rusak semua. Lapuk karena jamur," ungkap Hanafi.

Baca Juga: 2 Versi Siluman Badarawuhi di Lokasi KKN Desa Penari: Musuh Nyi Blorong atau Muridnya?

Padahal, Naskah Kuno itu berisi tentang sejumlah pelajaran penting bagi generasi penerus.

"Jadi naskah yang ditemukan mahasiswa berisi tentang prosa, wiracarita atau cerita kepahlawanan. Selain itu ditemukan Kitab Fiqih dan Tauhid," ungkapnya.

Adapun bahan naskah tersebut, yakni 3 kertas berbahan daluang atau kulit murbei dan ditulis menggunakan tinta tradisional, sedangkan 4 naskah ditulis menggunakan kertas eropa, dan 2 naskah menggunakan kertas lokal yang kemungkinan produksi pabrik kertas Leces, Probolinggo.

"Untuk itulah, naskah itu langsung kita lakukan proses perawatan dan penyelamatan dengan cara digitalisasi. Kami melibatkan seorang Fotografer profesional khusus Naskah Kuno Jergian," tambah Hanafi.

Baca Juga: Menakutkan Seperti KKN Desa Penari, Desa di Bondowoso Ini Diteror Maling Sapi Hampir Setiap Malam

Halaman:

Editor: Ahmad W

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X