Nadiem Makarim dan Maudy Ayunda Ngobrol Pendidikan Indonesia: Sistem Harus Merdeka dan Memberi

- Sabtu, 30 April 2022 | 15:03 WIB
Nadiem Makarim dan Maudy Ayunda Ngobrol Pendidikan Indonesia: Sistem Harus Merdeka dan Memberi
Nadiem Makarim dan Maudy Ayunda Ngobrol Pendidikan Indonesia: Sistem Harus Merdeka dan Memberi

BondowosoNetwork.com - Sebagai anak bangsa yang memiliki pengalaman belajar sistem pendidikan di luar negeri, Maudy Ayunda mengajak Menteri Pendidikan Nadiem Makarim (Mas Menteri) berdiskusi tentang sistem pendidikan di Indonesia.

Dalam obrolan melalui telekonferensi, Mas Menteri menjelaskan tentang sistem merdeka belajar yang menjadi ide sistem pendidikan yang dijalani saat ini sebagai menteri pendidikan Indonesia.

Sistemnya harus merdeka dan guru bisa memberikan feedback kepada guru lain dengan tujuan peningkatan kualitas sesama guru sehingga tercipta sistem pendidikan yang baik dan berkualitas.

Dikutip dari kanal YouTube Beautiful Stories, Maudy Ayunda berkesempatan menceritakan pengalaman belajarnya di negeri orang dan mendiskusikannya dengan Mas Menteri tentang sistem pendidikan yang dijalani saat ini, yakni merdeka belajar.

Baca Juga: Tuntunan Lengkap Shalat Idul Fitri Dengan Teks Arab, Latin Dan Terjemahannya

Menurut Mas Menteri merdeka bukan berarti dilepas, akan tetapi diberi ruang secara otonom untuk mengelola sistem pendidikannya yang didukung oleh sumber daya, penganggaran dan regulasi yang tepat.

Dukungan yang palin tepat adalah mentorship dari guru-guru lain yang punya karakteristik untuk melatih guru-guru yang lain, inilah yang menjadi ide awal dari program guru penggerak yang dicanangkan oleh Mas Menteri.

Guru penggerak ini juga memiliki karakter leadership, sehingga dia menjadi harapan sekolah kedepan dan menjadi agent of change dari sistem pendidikan sekolah yang telah dijalankan selama ini.

Ide lain seperti konsep sekolah penggerak, yakni sekolah-sekolah yang ingin terlebih dahulu memiliki inovasi melakukan incuiring base learning, projeck base learning dan threesixty feedback system antara guru yang menjadi pola sekolah masa depan, ide-ide ini sudah dilakukan setahap demi setahap.

"Kinerja guru dalam sebuah sekolah akan meningkat kalau budaya sekolahnya berubah, dan budaya merupakan konsep grup," jelas Mas Menteri.

Halaman:

Editor: Ahmad W

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X