Tahun Depan, Kemendikbudristek Bakal Terapkan Kurikulim Baru Agar Guru Tak Hanya Kejar Tayang Materi

- Kamis, 2 Desember 2021 | 18:55 WIB
Anindito Aditomo selaku Kepala Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan bersama Mendikbudristek, Nadiem Makarim. Foto/Instagram @ninoaditomo.
Anindito Aditomo selaku Kepala Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan bersama Mendikbudristek, Nadiem Makarim. Foto/Instagram @ninoaditomo.

BondowosoNetwork.com - Kemendikbudristek telah mencanangkan pemberlakuan kurikulim baru yang lebih fleksibel pada tahun depan.

Kemendikbudristek mengklaim bahwa kurikulum baru ini tidak terlalu padat materi agar guru tidak sekadar kejar tayang materi yang ada di buku tes.

Lebih Lanjut, Kemendikbudristek berharap melalui kurikulum baru ini para guru bisa punya banyak waktu untuk pengembangan karakter dan kompetensi.

Baca Juga: Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah Siapkan Kamar Baru Untuk Baby AH, Begini Konsepnya....

Hal ini dijelaskan Anindito Aditomo selaku Kepala Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan Kemendikbud Ristek melalui akun Instagram pribadinya.

Baca Juga: Akademisi Indonesia, Nadirsyah Hosen Turut Bicara Mengenai Tri Rismaharini yang Paksa Tuna Rungu Bicara

"Kurikulum (baru) tersebut akan lebih fokus materi yang esensial, tidak terlalu padat materi. Ini penting agar guru punya waktu untuk pengembangan karakter dan kompetensi," terang Anindito Aditomo, dikutip dari @ninoaditomo, Kamis (02/12/2021).

Baca Juga: Donasi Untuk Gala Capai Rp 1,8 Miliar, Marissya Icha: Sudah Dipindahkan ke Rekening Yayasan Bisa Bersama Gala

Sampai saat ini, Kemendikbudristek mengakui bahwa kurikulum baru ini telah diuji-cobakan di 2500-an sekolah di seluruh penjuru Indonesia melalui Program Sekolah Penggerak.

Lebih lanjut, Kepala Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan Kemendikbudristek menjeleskan bahwa kurikulum prototipe ini justru diterapkan di sejumlah sekolah bukan favorit.

Halaman:

Editor: A Munib

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X