Bukan Papua! Inilah 3 Provinsi di Indonesia dengan Tingkat Kemiskinan Tertinggi, Salah Satunya Penghasil Bijih

- Kamis, 26 Januari 2023 | 08:00 WIB
Bukan Papua! Inilah 3 Provinsi di Indonesia dengan Tingkat Kemiskinan Tertinggi, Salah Satunya Penghasil Bijih Nikel (Tangkapan layar YouTube Daftar Populer)
Bukan Papua! Inilah 3 Provinsi di Indonesia dengan Tingkat Kemiskinan Tertinggi, Salah Satunya Penghasil Bijih Nikel (Tangkapan layar YouTube Daftar Populer)

BondowosoNetwork.com – Pandemi Covid-19 menimpa Indonesia dan seluruh dunia, hal ini membuat kondisi perekonomian menurun drastis hingga menyebabkan tingkat kemiskinan yang signifikan.

Khususnya di Indonesia pertanda berakhirnya pandemi dimulai saat Presiden Jokowi mengumumkan kelonggaran melepas masker di ruang publik tanggal 17 Mei 2022 tahun lalu.

Tapi tau nggak? Kalau ternyata saat pandemi Covid-19 ini membuat jumlah penduduk miskin di Indonesia justru makin meningkat loh.

Terbukti selama periode Maret 2020 hingga Maret 2021 penduduk miskin di daerah perkotaan bertambah 1,01 juta orang dan di daerah pedesaan bertambah 0,1 juta orang. Meskipun enam bulan kemudian angka ini berkurang sebanyak 0,43 persen.

Baca Juga: Inilah 10 Produk Domestik Regional Bruto Dengan Perekonomian Terbesar di Jawa Barat, No 1 Bisa Ditebak

Inilah daftar 3 provinsi dengan tingkat kemiskinan tertinggi. Seperti dikutip Bondowoso Network dari YouTube Daftar Populer.

1. Sulawesi Tengah

Sulawesi Tengah dengan persentase penduduk miskin terbanyak yang mencapai 12,18%. Padahal, Sulawesi Tengah pernah menjadi salah satu zona penting perdagangan dunia.

Hal ini nampak dari lambang provinsi Sulawesi Tengah. Penggunaan Pohon Kelapa pada lambang ini memiliki arti bahwa pada abad pertengahan Sulawesi Tengah pernah menjadi pusat dan rute perdagangan penting minyak kelapa.

Selain itu, Sulawesi Tengah merupakan provinsi terluas di pulau Sulawesi dengan kekayaan alam yang melimpah, destinasi wisata Indah kombinasi hutan dan bahari seperti Pulau Dua di Banggai.

Halaman:

Editor: Arin Nanda Sakinah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X