Selain Aceh dan Yogyakarta, Inilah 5 Wilayah yang Masuk 'Daerah Istimewa' di Indonesia, Apakah Daerahmu Masuk?

- Kamis, 26 Januari 2023 | 07:30 WIB
Ilustrasi : 5 Daerah Istimewa di Indonesia selain Yogyakarta dan Aceh (tangkapan layar youtube.com/Mahasiswa Geografi, Kejarcita)
Ilustrasi : 5 Daerah Istimewa di Indonesia selain Yogyakarta dan Aceh (tangkapan layar youtube.com/Mahasiswa Geografi, Kejarcita)

BondowosoNetwork.Com - Daerah-daerah di Indonesia ada yang disebut dengan Daerah Khusus dan Daerah Istimewa, misalnya Aceh atau Yogyakarta.

Daerah Istimewa yang sekaligus berstatus Daerah Khusus saat ini adalah Aceh. Sementara Yogyakarta hanya berstatus sebagai Daerah Istimewa.

Daerah Aceh diberikan kewenangan khusus untuk mengatur dan mengurus pemerintahan sesuai UU dalam sistem dan prinsip NKRI berdasarkan UUD 1945.

Aceh juga memiliki keistimewaan untuk menerapkan kehidupan beragama, pendidikan, adat, dan peran ulama sesuai kebijakan daerahnya, seperti Syariat Islam.

Baca Juga: 5 Wilayah Kerajaan Yang Pernah Menjadi Daerah Istimewa Seperti Yogyakarta, Paling Banyak Di Luar Jawa

Begitu pula Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) juga memiliki keistimewaan kedudukan hukum yang dimiliki DIY berdasarkan sejarah dan hak asal usulnya.

Selain Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Daerah Istimewa Aceh, ternyata ada 5 daerah lainnya yang memiliki status sebagai Daerah Istimewa.

Berikut ini daerah yang pernah berstatus sebagai Daerah Istimewa sebagaimana dikutip Bondowoso Network dari channel YouTube Mahasiswa Geografi.

1. Kalimantan Barat

Halaman:

Editor: Arin Nanda Sakinah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X