5 Pangkat Kepolisian Dan Simbolnya, Mulai Dari Tamtama Hingga Perwira Tinggi, Berikut Tingkatannya

- Rabu, 25 Januari 2023 | 21:56 WIB
Ilustrasi: Tiap pangkat dalam Kepolisian memiliki simbol atau tanda yang berbeda (Tangkapan Layar YouTube Daftar Populer)
Ilustrasi: Tiap pangkat dalam Kepolisian memiliki simbol atau tanda yang berbeda (Tangkapan Layar YouTube Daftar Populer)

BondowosoNetwork.com - Sebagai salah satu profesi yang menjadi idaman, Kepolisian menjadi tujuan generasi muda selepas lulus SMA sederajat.

Beberapa mendaftar melalui Akademi Kepolisian (Akpol), dan ada pula jalur lainnya, namun begitu masih banyak yang belum tahu apa saja pangkat dan jabatannya.

Sistem pangkat TNI dan Polisi pernah disamakan, namun akhirnya dipisahkan pada tahun 2000 silam.

Perpisahan pangkat ini diatur dalam Surat Keputusan Kapolri yang lahir ada tanggal 3 Oktober tahun 2000.

Baca Juga: Inilah 7 Pangkat TNI Dilihat Dari Simbolnya, Dari Tamtama Hingga Perwira Tinggi dan Jenderal Besar

Pangkat dalam Kepolisian ini diatur oleh pimpinan melalui promosi atau rotasi jabatan yang disetujui oleh Kapolri.

Dikutip Bondowoso Network dari kanal YouTube Daftar Populer, berikut pangkat dan jabatan dalam Kepolisian beserta simbolnya.

1. Tamtama
Jenjang ini paling bawah dalam Kepolisian dan memiliki enam tingkatan yang diakui di tubuh Polri.

Tingkatan tersebut yakni Bhayangkara Dua (Bharada) dengan tanda satu garis miring merah, Bhayangkara Satu (Bharatu) dua garis miring merah dan Bhayangkara Kepala (Bharaka) tiga garis miring merah.

Baca Juga: Bersiap Merahkan Stadion GBK, Izin Keramaian dari Kepolisian Telah Keluar Untuk Piala AFF 2022

Setelah itu Ajun Brigadir Polisi Dua (Abripda) dengan tanda satu segitiga merah, Ajun Brigadir Polisi Satu (Abriptu) dua segitiga merah, dan Ajun Brigadir Polis (Abrip) tiga segitiga merah.

2. Bintara
Level ini dikenal dengan golongan dua dengan posisi antara Tamtama dan Perwira, golongan ini pun menjadi penyambung antara keduanya, bahkan sering dipercaya untuk mendidik Tamtama.

Bintara memiliki tingkatan yakni Brigadir Polisi Dua (Bripda) dengan tanda satu segitiga perak dan Brigadir Polisi Satu (Briptu) dua segitiga perak.
 
Kemudian Brigadir Polisi (Brigpol) dengan tiga segitiga perak dan Brigadir Polisi Kepala (Bripka) empat segitiga perak.

Baca Juga: Bermesin V-4, Motor Honda Ini Dulu Kurang Tenar Tapi Sekarang Jadi Moge Kepolisian Indonesia Lho...

Lebih tinggi lagi ada Ajun Inspektur Polisi Dua (Aipda) dengan tanda satu segitiga bersambung mirip huruf M dan Ajun Inspektur Polisi Satu (Aiptu) dua segitiga bersambung.

3. Perwira Pertama
Jenjang ini yang paling rendah pada level Perwira, dengan tingkatan Inspektur Dua (Ipda) dengan tanda satu garis warna emas dan Inspektur Satu (Iptu) dua garis warna emas.

Selanjutnya paling tinggi di jenjang ini adalah tingkat Ajun Komisaris Polisi (AKP) dengan tanda tiga garis warna emas.

4. Perwira Menengah
Jenjang ini memiliki tanda yang berbeda, yakni bunga sudut lima warna emas, tingkatan ini biasanya akan diberi tanggung jawab untuk mengemban beberapa jabatan penting.

Baca Juga: 'Oknum Polisi' Berulah, Bhabin Kembalikan Citra Baik Kepolisian Lewat Konten, Deddy Corbuzier: Gue Suka Banget

Level ini memiliki tiga pangkat, pertama, Komisaris Polisi (Kompol) dengan tanda satu bunga sudut lima warna emas, untuk jabatannya bisa Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) di tingkat Kecamatan.

Kedua, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) dengan tanda kepangkatan dua bunga sudut lima warna emas, biasanya diberi jabatan Kepala Kepolisian Resort (Polres) di tingkat Kabupaten.

Ketiga, Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol) dengan tanda tiga bunga sudut lima warna emas dan biasanya diberi tugas sebagai Kepala Kepolisian Resor Kota Besar (Polrestabes) di Ibukota Provinsi.

5. Perwira Tinggi
Tingkatan ini banyak melahirkan banyak pejabat penting Kepolisian, level ini memiliki empat tingkatan.

Baca Juga: Jarak Aman Berkendara Di Jalan Raya Berdasarkan Kecepatan, Berikut Ketentuan Dari Kepolisian

Pertama, Brigadir Jenderal Polisi (Brigjen Pol), dengan tanda pangkat satu bintang warna emas, biasanya diberi jabatan sebagai Wakil Kepala Kepolisian Daerah (Wakapolda) di suatu Provinsi.

Kedua, Inspektur Jenderal Polisi (Irjen Pol) dengan tanda dua bintang warna emas, Irjen Pol biasanya ditunjuk sebagai Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) sebuah Provinsi.

Ketiga, Komisaris Jenderal Polisi (Komjen Pol) dengan tanda tiga bintang warna emas, dengan jabatan Wakil Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Wakapolri).

Keempat, Jenderal Polisi (Jend Pol) dengan bintang empat warna emas, dengan jabatan tertinggi dalam Kepolisian yakni Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri).*** 

Editor: Ahmad Afif

Sumber: YouTube Daftar Populer

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X