Ingin Puasa Rajab? Jangan Bimbang dan Ragu, Ini Panduan, Ketentuan, Niat dan Keutamaannya

- Kamis, 26 Januari 2023 | 06:10 WIB
Ingin Puasa Rajab? Jangan Bimbang dan Ragu, Ini Panduan, Ketentuan, Niat dan Keutamaannya (Sumber foto: pixabay.com/mohamed_hassan)
Ingin Puasa Rajab? Jangan Bimbang dan Ragu, Ini Panduan, Ketentuan, Niat dan Keutamaannya (Sumber foto: pixabay.com/mohamed_hassan)

Bondowosonetwork.com – Puasa Rajab adalah puasa sunnah yang dijalankan pada bulan Rajab, yang jika mengikuti penanggalan hijriyah maka hari ini sudah memasuki tanggal 4.

Untuk mereka yang berkeinginan melaksanakan puasa Rajab sudah diperkenankan serta secara hukumnya hal ini diperbolehkan.

Bulan Rajab termasuk dalam daftar bulan yang dimuliakan (al-asyhur al-hurum) karena beberapa kemuliaan terkandung di dalamnya, sebagaimana dijelaskan dalam firman Allah swt berikut:

اِنَّ عِدَّةَ الشُّهُوْرِ عِنْدَ اللّٰهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِيْ كِتٰبِ اللّٰهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَ مِنْهَآ اَرْبَعَةٌ حُرُمٌۗ ذٰلِكَ الدِّيْنُ الْقَيِّمُ ەۙ فَلَا تَظْلِمُوْا فِيْهِنَّ اَنْفُسَكُمْ وَقَاتِلُوا الْمُشْرِكِيْنَ كَاۤفَّةً كَمَا يُقَاتِلُوْنَكُمْ كَاۤفَّةًۗ وَاعْلَمُوْٓا اَنَّ اللّٰهَ مَعَ الْمُتَّقِيْنَ

Artinya: “Sesungguhnya bilangan bulan di sisi Allah ialah dua belas bulan, (sebagaimana) ketetapan Allah (di Lauh Mahfuz) pada waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya ada empat bulan haram. (QS At-Taubah [9]: 36).

Baca Juga: Sang Penghancur Yamaha Fazio Dan Honda Scoopy, Skutik Panaria 125 Hadir Di Indonesia Dengan Tampilan Elegan

Baca Juga: Ramalan Tarot 6 Zodiak Kamis 26 Januari 2023: Cancer, Leo, Virgo, Libra, Scorpio dan Sagitarius Cek Disini

Maksud asyhur al-Hurum dalam ayat tersebut adalah bulan bulan Dzulqa’dah, Dzulhijjah, Muharram, dan Rajab.

Menurut Imam Fakhruddin al-Razi, alasan dinamakan al-hurum adalah karena berbuat maksiat pada bulan-bulan tersebut akan dibalas dengan lebih berat.

Halaman:

Editor: Mohammad B

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X