Inilah Alasan Rajab Jadi Bulan Istimewa dan Puasa adalah Ibadah yang Dicontohkan Rasulullah di Bulan Ini

- Rabu, 25 Januari 2023 | 12:15 WIB
Inilah Alasan Rajab Jadi Bulan Istimewa dan Puasa adalah Ibadah yang Dicontohkan Rasulullah di Bulan Ini (Sumber foto: NU online)
Inilah Alasan Rajab Jadi Bulan Istimewa dan Puasa adalah Ibadah yang Dicontohkan Rasulullah di Bulan Ini (Sumber foto: NU online)

Bondowosonetwork.com - Di antara bulan-bulan hijriah yang sangat dimuliakan dalam Islam adalah bulan Rajab, yaitu bulan ke-7 dengan perhitungan kalender bulan (qamariah).

Allah mendedikasikan bulan ini sebagai bulan agung dan mulia, agar umat Islam bisa mengambil manfaat dan kemuliaan yang ada di dalamnya, sebagaimana firman-Nya dalam Al-Qur’an:

Artinya, “Sesungguhnya jumlah bulan menurut Allah ialah dua belas bulan, (sebagaimana) dalam ketetapan Allah pada waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya ada empat bulan haram.” (Surat At-Taubah ayat 36).

Baca Juga: Jangan Ngaku Orang Situbondo Kalo Belum Pernah Makan Ini, Makanan Khas Situbondo yang Selalu Bikin Kangen

Baca Juga: Hindari 4 Pantangan dalam Berdagang Ini, Agar Dagangan Laris Manis dan Tidak Sepi

Syekh Wahbah bin Musthafa Az-Zuhaili dalam tafsirnya menjelaskan bahwa Allah memberikan khabar kepada manusia tentang adanya dua belas bulan dalam satu tahun.

Hanya saja, dari dua belas itu terdapat empat bulan yang sangat Allah muliakan di dalamnya, yaitu empat bulan harum; (1) Dzulqa’dah; (2) Dzulhijjah; (3) Muharram; dan (4) bulan Rajab.

Selain dikenal sebagai bulan mulia dan agung, empat bulan di atas memiliki nilai-nilai sakralitas yang tidak ada pada bulan-bulan yang lain.

Bentuk-bentuk pemuliaan pada bulan tersebut adalah semua pahala ketaatan oleh Allah dilipatgandakan, begitu juga dengan kemaksiatan.

Halaman:

Editor: Mohammad B

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X