Kenapa Presiden Indonesia Selalu Orang Jawa? menurut Catatan Sejarah Terbukti Nyata, inilah Jawabannya

- Rabu, 21 September 2022 | 19:30 WIB
Ilustrasi Kenapa Presiden Indonesia Selalu Orang Jawa? menurut Catatan Sejarah Terbukti Nyata, inilah Jawabannya (Tangkap layar kanal Youtube Aliqul Channel)
Ilustrasi Kenapa Presiden Indonesia Selalu Orang Jawa? menurut Catatan Sejarah Terbukti Nyata, inilah Jawabannya (Tangkap layar kanal Youtube Aliqul Channel)

BondowosoNetwork.Com - Persepsi tentang masyarakat mengenai presiden di Indonesia haruslah orang dan suku jawa bisa benar dan salah.

Bisa dibenarkan bahwa selama ini presiden di Indonesia berlatar belakang suku Jawa yaitu, Soekarno, Soeharto, Gusdur, Megawati, SBY, dan Jokowi.

Sedangkan Bj Habibie bukan berasal dari suku Jawa, hal ini bentuk pengecualian karena beliau diangkat saat situasi darurat pasca jatuhnya Soeharto.

Dilihat dari hal tersebut, berdasarkan fakta yang ada presiden indonesia berasal dari suku jawa.

Baca Juga: 9 Huruf yang Identik Dengan Filosofi Indonesia dan Suku Jawa, Ada Nama Kerajaan Hingga Perguruan Pencak Silat

Berikut alasan yang bisa diterima oleh nalar mengapa presiden indonesia selalu orang jawa;

Dilihat dari sejarah berdirinya NKRI

Setelah jepang tunduk oleh tentara sekutu, maka pemerintah angkatan darat membentuk panitia persiapan kemerdekaan indonesia (PPKI).

Beranggotakan 27 orang, 18 orang merupakan berasal dari suku jawa, selebihnya dari daerah lain. Melihat dari hal tersebut maka bisa ditarik kesimpulan bahwa memang suku jawa adalah mayoritas.

Halaman:

Editor: Arin Nanda Sakinah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X