Doa Mendaki Gunung yang Diajarkan Rasulullah, Agar Terlindungi dari Berbagai Rintangan dan Kecelakaan

- Minggu, 8 Mei 2022 | 17:30 WIB
Ilustrasi mendaki gunung  ((Foto: Unsplash))
Ilustrasi mendaki gunung ((Foto: Unsplash))

BondowosoNetwork.com- Apakah anda adalah salah seorang yang menyukai petualangan dengan medan terjal atau seorang pendaki gunung, atau anda akan/sedang melakukan perjalanan dengan rute pegunungan?

Mendaki gunung atau melakukan perjalan dengan rute pegunungan bukan hal mudah, terlebih jika jalannya sangat terjal dan berliku-liku.

Mendaki gunung meski sangat menyenangkan dan penuh tantangan namun harus tetap diingat bahwa saat itu, boleh jadi kita bisa menghadapi berbagai rintangan yang tidak pernah terbayangkan sebelumnya.

Sebuah contoh yang terjadi pada seorang pendaki yang hilang saat mendaki di gunung Kawah Ijen pada hari Sabtu, 7 Mei 2022, atau kejadian-kejadian serupa sebelumnya.

Baca Juga: Pendaki Kawah Ijen yang Hilang Akhirnya Berhasil Ditemukan, Begini Kondisinya...

Persiapan diri mulai dari pertimbangan kesehatan dan bekal serta berbagai hal lainnya adalah sebuah ikhtiar yang wajib dilakukan. Akan tetapi berdoa kepada Yang Maha Kuasa tidak boleh ditinggalkan.

Rasulullah SAW telah mengajarkan umatnya tentang berbagai hal. Tidak luput dari ajaran beliau adalah doa ketika seseorang melakukan perjalanan melalui rute gunung, baik saat mendaki atau saat turun.

Berikut ini adalah doa yang telah Rasulullah ajarkan saat mendaki dan turun gunung, sebagaimana dikutip Bondowoso Network dari kitab Shahih Bukhari.

Namun hal yang perlu diperhatikan sebelum mendaki bagi pendaki gunung (mapalaska) supaya memperbaiki niat terlebih dahulu.

Hal ini supaya petualangan yang dilakukan bukan sekedar petualangan jasad, tapi juga roh yang dapat menambah keimanannya kepada Sang Maha Pencipta. Inilah doanya.

Halaman:

Editor: Ahmad W

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X