Al-Qur'an Surat Al-Anbiya' Ayat 30 dan Kaitannya dengan Teori Big Bang

- Jumat, 15 Oktober 2021 | 20:21 WIB
Ilustrasi alam semesta (Foto: pexels.com)
Ilustrasi alam semesta (Foto: pexels.com)

BondowosoNetwork.com - Masih ingat teori big bang? sebuah teori yang mayatakan bahwa bumi ini dibentuk karena terjadi ledakan yang maha dahsyat.

Ilmuan meyakini ledakan itu menjadi awal mula terbentuknya susunan tata surya di alam ini. Mulai adanya bumi, matahari dan sebagainya.

Jauh sebelum teori itu ditemukan ribuan tahun sebelumnya Al-Qur'an sudah membicarakan bahwa tata surya ini dulunya satu kesatuan.

Baca Juga: Menebus Dosa di Hari Jumat, Begini Penejelasannya dalam Kitab Mawaidzul Ushfuriyah

Dalam Al-Qur'an Surat Al-Anbiya' ayat 30 Allah berfirman:

اَوَلَمْ يَرَ الَّذِيْنَ كَفَرُوْٓا اَنَّ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَ كَانَتَا رَتْقًا فَفَتَقْنٰهُمَاۗ وَجَعَلْنَا مِنَ الْمَاۤءِ كُلَّ شَيْءٍ حَيٍّۗ اَفَلَا يُؤْمِنُوْنَ

Artinya: Dan apakah orang-orang kafir tidak mengetahui bahwa langit dan bumi keduanya dahulunya menyatu, kemudian Kami pisahkan antara keduanya; dan Kami jadikan segala sesuatu yang hidup berasal dari air; maka mengapa mereka tidak beriman? (QS: Al-Anbiya' ayat 30).

Kata "ratq" diterjemahkan sesuatu yang padu, duganakan untuk merujuk pada dua zat berbeda yang memebentuk suatu kesatuan.

Sementara kata "kami pisahkan antara keduanya" adalah terjemahan kata Arab "fataqa", dan bermakna bahwa sesuatu muncul menjadi ada melalui peristiwa pemisahan atau pemecahan struktur dari "ratq".

Halaman:

Editor: Mohammad B

Tags

Terkini

Doan Mohon Berlindung dari Kekufuran dan Kefakiran

Rabu, 1 Desember 2021 | 09:43 WIB
X