Kembalinya Rasulullah ke Pangkuan Ibunda dan Wafatnya Sayyidah Aminah dalam Perjalanan

- Jumat, 15 Oktober 2021 | 08:17 WIB
Gambar hanyalah ilustrasi, diambil dari Pixabay.
Gambar hanyalah ilustrasi, diambil dari Pixabay.

BondowoNetwork.com - Selepas peristiwa pembelahan dada yang dialami Rasulullah, Halimah, perempuan terpilih yang menyusui beliau, disandera perasaan takut dan kekhawatiran mencekam amat dalam.

"Anak ini (baca: Rasulullah) tengah berada pada kondisi yang tidak baik-baik saja," begitu kira-kira pikir Halimah. Baca Juga: Di Bondowoso Ada Kampung Zakat, Intip Cara Penerapannya

Kekhawatiran Halimah makin menjadi-jadi, tak sudi menanggung resiko atas situasi dan kondisi yang tidak dikehendaki, dengan berat hati, beliau dikembalikan pada pangkuan ibunda tersayang, Sayyidah Aminah.

Baca Juga: Labuan Bajo Manggarai Barat Disiapkan Menjadi Tempat Penyelenggaraan Pertemuan Internasional

Peristiwa dikembalikannya Rasulullah oleh Halimah kepada Ibunda Sayyidah Aminah, disebut dalam Sirah Nabawiyah terlaksana pada saat usia beliau naik daun di umur enam tahun.

Kini, rindu yang kerap mengganggu, menggerutu, menderu telah bersua dalam satu. Adakah ibunda tak riang, ketika sang buah hati datang usai sekian lama tak saling pandang.

Tentu dipeluk, dirangkul, dicium penuh bangga. Sebagaimana anak pada umumnya yang pasti nyaman dalam dekapan bunda. Baca Juga: 3 Jenis Manusia Menurut Imam Al Gazali, Salah Satunya Seperti Makanan. Berikut Penjelasannya...

Bagi Sayyidah Aminah masih ada rindu yang belum terbayar karena menanggung kenang seseorang. Sayuidah Aminah mengajak pembantu perempuannya, Ummu Aiman, sekaligus mengajak Rasulullah pergi dari Makkah dengan menempuh perjalan sejauh lima ratus kilometer. Abdul Muththalib sebagai kakek Rasulullah mendukung perjalan itu menuju Yastrib, tempat peristirahatan Sayuidina Abdullah, ayahanda Rasulullah.

Setelah menetap selama lebih-kurang satu bulan, Sayuidah Aminah bersama rombongannya siap-siap kembali ke Makkah. Dalam perjalanan itu, Sayuidah Aminah jatuh sakit dan berpulang ke rahmatullah di Abwa', yang terletak antara Makkah dan Madinah.

Cerita disadur dari buku Sirah Nabawiyah.

Halaman:

Editor: A Munib

Tags

Terkini

Doan Mohon Berlindung dari Kekufuran dan Kefakiran

Rabu, 1 Desember 2021 | 09:43 WIB
X