Viral di Medsos Sebab Sholat Tarawih Tercepat di Pesantren Blitar, Ternyata Awal Mulanya Disebabkan Hal Ini...

- Minggu, 26 Maret 2023 | 12:45 WIB
Viral di Medsos Sebab Sholat Tarawih Tercepat di Pesantren Blitar, Ternyata Awal Mulanya Disebabkan Hal Ini... (Tangkapan Layar YouTube Beras Merah Channel)
Viral di Medsos Sebab Sholat Tarawih Tercepat di Pesantren Blitar, Ternyata Awal Mulanya Disebabkan Hal Ini... (Tangkapan Layar YouTube Beras Merah Channel)

BondowosoNetwork.com - Pelaksanaan sholat tarawih tercepat di Pesantren Mambaul Hikam Mantenan Udanawu Blitar, menjadi viral dan populer di media sosial.

Pantas saja viral, sebab sholat tarawih yang dilakukan di Pesantren Manten Blitar asuhan KH. Dliya'uddin Azzamzami Zubaidi ini hanya dilakukan kurang dari 10 menit untuk 23 rakaat.

Sangat berbeda sekali dengan pelaksanaan sholat tarawih di tempat lain yang mungkin bisa memakan waktu lebih dari 15 atau 20 menitan.

Bagi yang baru mengetahui pelaksanaan sholat tarawih super cepat di Pesantren Mambaul Hikam Mantenan Blitar, tentu bertanya-tanya kenapa kok bisa dilaksanakan super cepat seperti itu.

Baca Juga: Tanda- Tanda Anak Solih dan Solihah, Keutamaan Malam Kedua Sholat Tarawih Dalam Kitab Durratun Nasihin

Dikutip Bondowoso Network dari berbagai sumber, menurut keterangan KH. Dliya'uddin Azzamzami Zubaidi sholat tarawih super cepat ini telah menjadi tradisi sejak zaman kakeknya yaitu KH. Abdul Ghofur.

Bukan hal yang baru dilakukan oleh KH. Dliya'uddin Azzamzami Zubaidi, namun sholat tarawih super cepat ini ternyata telah dilaksanakan sejak awal berdiri pesantren sejak tahun 1900 an.

Walaupun sholat tarawih yang viral karena super cepatnya ini, namun tidaklah sampai meninggalkan syarat dan rukun sholatnya.

Jadi secara hukum tidaklah berbeda dengan sholat tarawih yang dilakukan di masjid atau musholla di lain tempat.

Baca Juga: RUGI TIDAK SALAT TARAWIH, Begini Keutamaan Malam Pertama Dalam Kitab Durratun Nasihin, GAS Ke Masjid

Menjadi menarik ketika ditelusuri apa yang menjadi alasan dari KH. Abdul Ghofur memilih melakukan sholat tarawih yang begitu super cepat hanya kurang dari 10 menit untuk 23 rakaat.

Ternyata alasan dibalik kenapa para pendahulu Pesantren Mambaul Hikam Mantenan Blitar memilih melaksanakan sholat tarawih ekstra cepat karena melihat kondisi masyarakat Desa Mantenan saat itu.

Detailnya saat itu, kondisi masyarakat Desa Mantenan banyak yang bekerja dan mereka sangat sulit untuk diajak beribadah.

Dengan melakukan sholat tarawih super cepat ini, dalam rangka sebagai strategi dakwah agar masyarakat Desa Mantenan tetap mau melakukan sholat tarawih di tengah kesibukan kerja.

Halaman:

Editor: Ahmad Hayyan Najikh

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X