Kemerdekaan Palestina, PBNU: Harus Jadi Perhatian dan Pembahasan Dunia

- Kamis, 14 Oktober 2021 | 09:26 WIB
Dubes Palestina bersama Kiai Said Aqil Siroj (Tangkapan Layar Akun Instagram @nahdlatululama)
Dubes Palestina bersama Kiai Said Aqil Siroj (Tangkapan Layar Akun Instagram @nahdlatululama)

BondowosoNetwork.com- Pengurus Besar Nahdlatul Ulama' (PBNU) dengan tegas tetap menyatakan dukungannya terhadap Kemerdekaan Palestina.

Pernyataan itu disampaikan Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj, saat diundang dalam perpisahan duta besar Aljazair, Rabu (13/10/2021) malam.

Pada saat acara perpisahan itu, Kiai Said juga bertemu dengan sejumlah duta besar negara timur tengah.

"Kami Nahdlatul Ulama tetap bersama Palestina. Itu pasti. Tetapi lebih dari itu, kami juga berharap isu multilateral mengenai masa depan (negara-negara) timur tengah secara lebih luas, kedepan juga menjadi concern kita bersama," Papar Kiai Said dikutip dari akun instagram @nahdlatululama.

Menurut Kiai Said, saat ini sikap resmi Pemerintah Indonesia mengenai Palestina, selaras dengan komitmen NU. Di level multilateral, di forum Dewan Keamanan PBB, Indonesia tegas mendukung Kemerdekaan Palestina.

"Kita akan terus mengangkat isu Palestina akan menjadi perhatian dan pembahasan dunia," tegas dia.

Kiai Said menambahkan, sikap NU atas Kemerdekaan Palestina tidak pernah berubah sejak Muktamar ke 13 tahun 1928. NU telah menyatakan dukungan kepada cita- cita Kemerdekaan Palestina.

"Di era dunia modern abad ini seharusnya sudah ada lagi praktik penjajahan dan penindasan. Seluruh rakyat dunia harus menjunjung tinggi kemerdekaan dan hak dasar manusia untuk hidup," tutupnya.

Menanggapi hal itu, Duta Besar Palestina untuk Indonesia, Zuhair Al Shun, mengaku tidak pernah ragu atas komitmen NU dan Pemerintah Indonesia untuk Kemerdekaan Palestina.

"Kami sampaikan penghargaan yang setinggi- tingginya untuk NU, untuk Bangsa Indonesia atas seluruh dukungan dan dorongan untuk kemerdekaan rakyat Palestina," tandasnya.***

Halaman:

Editor: Ahmad W

Tags

Terkini

X