Jenis Kanker Berikut Terbanyak Ditemukan di Indonesia, Berikut Macam-macam Gejala dan Cara Mencegahnya

- Jumat, 13 Mei 2022 | 21:00 WIB
Ilustrasi kanker anak.  (Freepik)
Ilustrasi kanker anak. (Freepik)

BondowosoNetwork.com- Kanker merupakan salah satu penyakit yang mematikan karena susah disembuhkan dan memerlukan pengobatan dengan biaya yang besar.

Ada banyak sekali macam jenis kanker, misalnya karsinoma, leukemia, limfoma, myeloma, sarkoma, kanker nasofaring dan jenis kanker lainnya.

Diantara banyaknya jenis kanker, nasofaring yang sering kali terjadi di Indonesia, seperti dikutip Bondowoso Network dari postingan dr. Muslim Kasim dalam @dr.muslimkasim.

Kanker nasofaring adalah kasus penyakit kanker terbanyak untuk daerah leher di Indonesia.

Lokasi kanker ini terletak di pangkal hidung dan belakang langit-langit rongga mulut. Berikut ini gejala-gejala bagi penderita kanker nasofaring.

Baca Juga: Timnas U-23 Indonesia Hajar Filipina 4-0, Egy Maulana Vikri Tampil Cemerlang dan Cetak Gol

Pertama, gejala awal. Gejala awal kanker ini yaitu telinga berdenging dan terasa penuh, ingus bercampur darah, terjadinya penurunan pendengaran, dan hidung tersumbat.

Kedua, gejala lanjut. Adapun gejala lanjut kanker nasofaring adalah terjadinya perluasan intrakranial seperti nyeri kepala kronik, diplopia atau mata juling dan nyeri kebas wajah. Selain itu juga ditandai dengan adanya benjolan yang dialami tanpa rasa nyeri.

Terjadinya kanker nasofaring ini diharapkan tidak di alami oleh kita, dan bagi yang telah mengalami jenis kanker ini semoga diberikan jalan kesembuhan.

Oleh karena itu, perlu kiranya kita mengetahu apa saja cara yang bisa dilakukan untuk mencegah kanker nasofaring sejak dini? Berikut cara mencegahnya:

Halaman:

Editor: Ahmad W

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X