PROFAUNA Melepasliarkan 154 dari 13 Jenis Burung di Blawan Bondowoso

- Jumat, 13 Mei 2022 | 06:09 WIB
Pelepasan burung di perkebunan Blawan Bondowoso (Foto: BondowosoNetwork)
Pelepasan burung di perkebunan Blawan Bondowoso (Foto: BondowosoNetwork)

BondowosoNetwork.com - Protection of Forest and Fauna (Profauna Indonesia) melepasliarkan sebanyak 154 ekor burung dari 13 jenis burung di Perkebunan Blawan, Kabupaten Bondowoso pada Kamis, 12 Mei 2022. 

Pelepasan yang digagas oleh PTPN XII itu bekerja sama dengan lembaga PROFAUNA Indonesia dan Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jatim.

Tujuan kegiatan tersebut untuk memulihkan populasi burung-burung yang semakin menyusut di alam liar.

Baca Juga: Bacaan Bilal Sholat Jumat Versi Panjang, Lengkap Dengan Tulisan Arab dan Latin

Jenis burung yang dilepas adalah Burung madu sriganti (Cinnyris jugularis), Cucak kutilang (Pycnonotus aurigaster), Perling kumbang (Aplonis panayensis), Merbah cerukcuk (Pycnonotus goiavier), Kerak kerbau (Acridotheres javanicus), Kapasan kemiri (Lalage nigra), Opior jawa (Heleia javanica), Perenjak padi (Prinia inornata), Cinenen jawa (Orthotomus sepium), Cipoh kacat (Aegithina tiphia), Takur tulung-tumpuk (Psilopogon javensis), Cekakak sungai (Todiramphus chloris), dan Tepus gelagah (Timalia pileata). 

Semua jenis burung tersebut ada di wilayah Perkebunan Belawan dan sekitarnya.

Baca Juga: Bacaan Bilal Sholat Jumat Versi Pendek Lengkap dengan Tulisan Arab dan Latin

Sebelum dilepasliarkan, burung-burung tersebut telah menjalani pemeriksaan kesehatan dan proses habituasi atau penyesuaian dengan lingkungan sekitar. 

Beberapa bulan sebelumnya, tim PROFAUNA Indonesia telah melakukan survei pendahuluan tentang jenis-jenis burung yang ada di Perkebunan Blawan dan kelayakan habitat. 

Halaman:

Editor: Mohammad B

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X