Di Bondowoso Ada Kampung Zakat, Intip Cara Penerapannya

- Jumat, 15 Oktober 2021 | 07:55 WIB
Ilustrasi hewan ternak (Foto: Shopie Dale/pexels.com)
Ilustrasi hewan ternak (Foto: Shopie Dale/pexels.com)

BondowosoNetwork.com - Dalam rangka pemberdayaan masyarakat, khususnya di bidang ekonomi. Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Bondowoso dan Universitas Jember (Unej) kampus Bondowoso bekerja sama membentuk Kampung Zakat. 

Kampung Zakat ini merupakan pemberdayaan ekonomi melalui pengelolaan ternak. Dananya dari BAZNAS dan didampingi tenaga profesional dari Unej.

Pengelola Unej Kampus Bondowoso, Fathorrozi mengatakan, peternak yang dulunya menjadi penerima infak atau mustahik diharapkan bisa menjadi muzakki atau orang yang berhak berzakat. 

"Permodalan dilakukan oleh BAZNAS. Sedangkan Unej Kampus Bondowoso membantu dari sisi edukasi dan manajemennya," jelasnya.

Baca Juga: 3 Jenis Manusia Menurut Imam Al Gazali, Salah Satunya Seperti Makanan. Berikut Penjelasannya...

Adapun bantuan dari BAZNAS berupa kambing. Unej menyiapkan dua doktor ahli peternakan sekaligus dosen di program studi (Prodi) Peternakan Unej yang akan mendampingi mereka.

"Peternak akan diajarkan menjaga kualitas ternak, penyortiran ternak yang dibeli, diseminasi teknologi peternakan, dan penjualan hasil ternak," paparnya.

Ketua BAZNAS Bondowoso, KH. Junaedi Mu'thi mengatakan, nantuan zakat produktif yang diberikan berupa 60 ekor kambing senilai Rp 75 juta 

"Kambingnya kita serahkan kepada peternak sekitar 10 orang," katanya. 

Halaman:

Editor: Mohammad B

Tags

Terkini

X