Mudah dilakukan, Empat Amalan Dapat Memperlancar Rezeki

- Kamis, 7 Oktober 2021 | 15:05 WIB
Gambar hanyalah ilustrasi diambil dari Pixabay.com.
Gambar hanyalah ilustrasi diambil dari Pixabay.com.

BondowosoNetwork.com - Siapa yang tidak ingin rezeki mengalir dan berkah? Tentu, rezeki yang mengalir serta berkah itu adalah dambaan setiap manusia, bukan? Dengan rezeki yang melimpah pula kita bisa berderma membantu sesama.

Dalam agama Islam, segala perbuatan yang dilakukan untuk meraih pahala bisa dikatakan sebuah ibadah. Tentunya perbuatan tersebut haruslah berlandaskan niat yang ikhlas dan juga ada contohnya dari Rasulullah SAW.

Ada banyak amal ibadah yang mempunyai keistimewaan, bahkan bisa mengundang datangnya rezeki. Sebagian amal-amal itu bisa saja dilaksanakan di berbagai waktu, ada pula yang hanya bisa dilaksanakan di pagi hari. Apa saja? Berikut ini adalah empat amalan pagi pengundang rezeki.

1. Melaksanakan Sholat Tahajud

Amalan pertama yang bisa dilakukan untuk mengundang rezeki adalah dengan melaksanakan shalat tahajud. Shalat tahajud bisa dilakukan saat tengah malam ataupun seperti malam yang terakhir. Namun waktu yang paling utama adalah dengan melakukan shalat tahajud pada sepertiga malam yang terakhir dan shalat tersebut menjadi sarana untuk bisa bangun tidur lebih awal.

Dalam sebuah hadist Rasulullah SAW bersabda

“Ketika kalian tidur, setan membuat tiga ikatan di tengkuk kalian. Di setiap ikatan setan akan mengatakan ‘malam masih panjang, tidurlah !’ Jika ia bangun lalu berdzikir pada Allah, lepaslah satu ikatan, kemudian jika ia berwudhu, lepas lagi ikatan berikutnya. Selanjutnya jika ia mengerjakan shalat, lepaslah ikatan yang terakhir. Di pagi hari dia akan bersemangat dan bergembira. Jika tidak melakukan seperti ini, jiwanya jadi kotor dan malas” (HR Bukhari)

Makna dari hadist tersebut adalah dengan kata lain bahwa jika kita bangun dan melaksanakan shalat tahajud, maka akan berpengaruh pada peningkatan motivasi kerja.

2. Doa Di Pagi Hari

Selain dari melaksanakan shalat tahajud, waktu di sepertiga malam yang terakhir bisa digunakan untuk berdoa kepada Allah SWT pemilik rezeki. Doa yang dipanjatkan pada sepertiga malam merupakan salah satu waktu mustajab yang akan lebih didengar oleh Allah SWT.

Halaman:

Editor: A Munib

Tags

Terkini

X